Bahayakah memakai softlens?


Berbayakah softlens?

Softlens atau lensa kontak adalah salah satu alat kedokteran yang bertujuan sebagai pengganti kacamata bagi penderita yang memiliki penglihatan kurang / minus. Softlens terbuat dari plastik yang mengandung air.Pada mulanya softlens tidak berwarna alias bening, namun dengan perkembangan zaman dan mode maka banyak bermunculan softlens yang memiliki warna-warna indah dan bahkan ada yang memiliki gambar pada softlensnya. Karena perkembangan zaman dan teknologi, softlens yang awalnya berfungsi sebagai pengganti kacamata untuk penderita gangguan mata kini berubah menjadi artibut mode atau style.

Bagi Anda sebagai pemula yang ingin menggunakan softlens namun masih bingung, apakah softlens sebenarnya berbahaya/tidak?

Apa Anda pernah mendengar berita orang-orang yang mengalami dampak negatif dari pemakai softlens? Seperti iritasi, belekan, perih, atau yang paling parah adalah kebutaan. Softlens baik bagi Anda untuk keperluan penglihatan maupun mengikuti tren mode, tapi ragu untuk memakai softlens, mungkin artikel ini bisa membantu untuk menjawab pertanyaan kamu.

Dengan memakai softlens, akan terasa lebih bebas dan membuat Anda leluasa dalam beraktifitas, karena tidak perlu melepas dan memasang kacamata bagi Anda yang mata minus. Selain itu, dengan memakai softlens dapat meningkatkan daya tarik dan secara otomatis Anda akan merasa lebih PeDe. Namun, kamu juga harus tahu resiko dan perawatan yang baik.

Hal yang terpenting jika Anda ingin memakai softlens adalah “higienis”. Anda harus mementingkan kebersihan softlens dan tempat penyimpanan softlens Anda. Pastikan tempat penyimpanan dalam keadaan tertutup saat tidak digunakan dan dibersihkan saat softlens dipakai. Karena jika Anda tidak memperhatikan kehigienisan, bakteri dapat berkembang di tempat penyimpanan softlens yang akhirnya mata Anda pun juga akan terkan oleh bakteri ini. Jadi bila Anda termasuk orang yang tidak rajin/jorok, tentu memakai softlens tidak disarankan.

Lalu apakah softlens dapat menyebabkan mata iritasi atau kebutaan? Jawaban terbaik adalah sebagian besar hal ini disebabkan kesalahan dari si pemakai. Seperti yang telah dijelaskan diatas soal kehigienisan, jika mata sudah terkontaminasi bakteri tentu mata kita dapat menjadi iritasi. Selain itu, jika kamu sering beraktivitas di ruangan AC dan sering bekerja dengan komputer juga dapat menyebabkan softlens cepat kering dan menjadi tidak nyaman dipakai. Mata jadi sering belekan. Saran terbaik adalah sering-seringlah tetesi dengan cairan khusus (lubricating drops) atau mencuci kembali softlens atau melepasnya sesaat dan direndam dengan cairan solution di lenscase. Softlens pada umumnya terbuat dari plastik yang mengandung air, pemakaian dekat-dekat dengan hawa panas seperti api dapat menyebabkan plastik meleleh. Hal ini lah yang bisa menyebabkan kebutaan permanen. Hindari pemakaian softlens di tempat berdebu, kotor, hawa panas.

Nah, gimana? Sudah tahu kan apakah softlens itu berbahaya atau tidak? Tentu saja tidak jika kamu dapat merawat dengan benar. Lalu bagaimana cara merawat softlens yang baik dan benar? Cari tahu di sini.

2 thoughts on “Bahayakah memakai softlens?

    • sudah ada penjelasan ttg foto yg kamu maksud kalo itu tdk benar. softlens itu baik-baik saja dipakai, kalo sampe mata bermasalah itu karena kesalahan pengguna sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s